Sample Text

Pages

Selasa, 05 Maret 2013

anekdok politik

berbicara mengenai politik, tentu adalah kegiatan yang tak akan lepas dari kehidupan berbangsa dan bernegara. sebelum berbicara jauh. ada baiknya kita mengenal apa itu politik? anda tahu. saya enggak.

politik berasal dari bahasa yunani yaitu polos artinya negara kota. kemudian berkembang lagi menjadi polities yaitu warga negara. politikos (kewarganegaraan atau civics) dan politiketehne (kemahiran politik) dan politike episteme (ilmu politik).

sedangkan menurut beberapa ahli,
Aristoteles (384-322 SM) dapat dianggap sebagai orang pertama yang memperkenalkan kata politik melalui pengamatannya tentang manusia yang ia sebut zoon politikon. Dengan istilah itu ia ingin menjelaskan bahwa hakikat kehidupan sosial adalah politik dan interaksi antara dua orang atau lebih sudah pasti akan melibatkan hubungan politik. Aristoteles melihat politik sebagai kecenderungan alami dan tidak dapat dihindari manusia, misalnya ketika ia mencoba untuk menentukan posisinya dalam masyarakat, ketika ia berusaha meraih kesejahteraan pribadi, dan ketika ia berupaya memengaruhi orang lain agar menerima pandangannya.

Ramlan Surbakti : “ politik adalah interaksi antara pemerintah dan masyarakat dalam rangka pembuatan dan pelaksanaan keputusan yang mengikat tentang kebaikan bersama masyarakat yang tinggal dalam suatu wilayah tertentu

menurut saya politik adalah seni.

saya tidak akan membahas menurut beberapa para ahli diatas. karena sudah banyak bahan bacaan yang memuat penafsiran mereka. kali ini pendapat saya yang mungkin berbeda dengan interpretasi anda semua.

politik adalah seni, melihat politik sebagai proses interaksi antara manusia tentu tidak terlepas dari bagaimana seseorang itu bermain peran dan memainkan perannya. layaknya lakon yang selalu bisa berkreasi dengan mimik dan juga intonasi berbicara. kita terkadang bingung memastikan apakah ini kebenaran atau hanya kepalsuan yang terskenario.

politik yang juga merupakan bagaimana seseorang dapat mendengarkan, melihat, maupun berpura pura tentu belajar dan mempunyai nilai tersendiri. merreka menciptakan ilusinya sendiri, mereka menciptakan alirannya sendiri, mereka dapat menciptakan ketenangan maupun kegempaan.

politik sebagai seni, intiusi kita tentu berpikir apa yang terjadi di sekitar kita ini selalu politik? saya gamang menjelaskannya, bagaimana politik yang terkait dengan aktivitas hidup ini erat dengan sisi lainnya seperti sosial, ekonomi, budaya, maupun hukum.

kelanjutannya ....

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More